Minggu, 02 Juli 2017

DIY LRQ, ini Source Code nya

Libur lebaran banyak waktu luang, dari pada waktu luang kurang bermanfaat, lebih baik mengedit program untuk dijadikan program bebas agar sedikit apa yang saya ketahui dapat dimanfaatkan bagi programmer pemula untuk belajar atau referensi. Dengan semangat beribadah/bersedekah pengetahuan/sekedar berbagi, siapa tahu ada yang membutuhkan, mudah2an menjadi ilmu yang bermanfaat. Aamiin.

Program LRQ masih belum sempurna, sudah ada gambar dan suara tapi belum ada terjemahannya, jadi bagi Anda yang berminat mengembangkan lebih lanjut dengan memberikan terjemahannya atau menjadikan per kata, source code nya dapat Anda download dari quran4beginner.blogspot atau pustaka0.blogspot Sangat mungkin juga dikembangkan untuk belajar bahasa yang lain terutama jika bahasa yang bersangkutan tidak menggunakan huruf internasional, seperti bahasa Jawa dengan huruf Honocoroko nya atau bahasa yang lain.

Source code LRQ dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Pascal / Delphi7 dan menggunakan component tambahan yang digunakan dalam mengelola database, namanya "Absolute Database". Jadi Anda harus menginstall componen tersebut atau Absolute database tersebut dapat Anda ganti dengan database yang lain, jika Anda menggunakan database bawaan delphi, maka Anda tidak memerlukan tambahan komponen apapun. Database ini hanya dipakai dibagian belajar huruf Hijaiyah saja atau level 1 sampai 6 dan tidak digunakan lagi di level 7, jika Anda tidak berminat dengan level 1 - 6 bisa saja dihilangkan, carannya ya dioprek sendiri dulu.

Karena tidak menggunakan komponen tambahan, mungkin sangat mudah dipelajari dan cocok untuk pemula yang baru mulai belajar bahasa pascal / Delphi untuk dijadikan bahan referensi. Lebih dari itu semoga semakin banyak program/software sejenis dengan berbagai variasi dan semakin banyak orang yang dapat membaca AlQuran, InsyaAllah.

NB: File exe ini hanya compilan dari versi opensource yang tidak lengkap, dan datanya hanya sebagai demo saja. Jika ingin yang versi lengkap silahkan download dan pilih yang bukan SOURCECODE
Jika ditanya password waktu mau masuk program, Kosongkan/blank saja kedua template baik user maupun passwordnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar